Langsung ke konten utama

Mari Belajar KeArsipan

Pengertian :
1. Kartu Nama Bisnis
2.Brosur
3. Leaflet
4. Kartu Ucapan dan Kartu Undangan
5. Piagam
6. Iklan di Media Cetak
7. Kalender Meja



1.     Kartu Nama Bisnis

Kartu nama bisnis adalah berguna sebagai identitas. Jika dirancang lebih dalam, kartu nama perusahaan dapat berguna untuk meningkatkan penjualan. Kartu nama yang di-design khusus dapat menjadi alat pemasaran sekaligus media advertising alias iklan perusahaan.

Banyak orang menyepelekan design kartu nama perusahaan. Karena dianggap sepele, mereka membuatnya dengan asal-asalan. Ternyata membuat kartu nama perusahaan juga ada trik nya looo…

Bagaimana cara membuat kartu nama bisnis yang bisa meningkatkan penjualan?

Logo dan nama perusahaan
Posisikan Logo dan nama perusahaan di tempat yang eye catching, sehinggan menjadi pembeda dengan kartu nama lain saat berada di tumpukan kartu nama.

Identitas dasar
Pastikan Anda mencantumkan, nama lengkap, jabatan, alamat, nomor telepon kantor, fax, handphone, email dan website.

Kalimat promosi atau Tagline
Sebaiknya cantumkan bidang usaha perusahaan, kalimat promosi atau tagline. Dengan begitu, penerima kartu nama bisnis Anda yakin, bahwa benar telah menemukan yang ia butuhkan, dan bisa segera menghubungi Anda. Jika sisi depan terlalu padat, gunakan sisi belakang untuk informasi tambahan ini.
 
Design dan Warna
Membuat design kartu nama tidak semudah membalikkan telapak tangan. Perlu rancangan khusus untuk memuat banyak informasi dalam space yang kecil. Tentu agar menarik dan tetap informative. Warna yang dipilihpun, sangat mempengaruhi keputusan menyimpan dan membeli produk Anda.



2.      Brosur
Brosur adalah promosi barang atau jasa yang perusahan dengan menjualkan sebuah perusahan yang bergerak sebagai promosi pemasaran untuk melihat brosur yang diperlihatkan dengan barang atau jasa yang akan dipermudahkan supaya brosur tersebut menjadi lebih promosi dengan barang atau jasa yang akan diperlihatkan dengan serius agar masyarakat bisa menjaga nama baik brosur supaya bergerak dengan baik dalam menjaga nama baik brosur .supaya dalam memperhitungkan media yang percetakan harus menjaga hubungan baik dengan promosi barang atau jasa yang sudah bahan baku.
secara keseluruhan dalam menjadi informasi yang sudah ada dalam media cetak untuk menyalin suatu hubungan sesame manusia agar berjalan dengan baik pada saat mengatur informasi yang baik agar brosur mendapatkan informasi yang baik dalam mengembangkan suatu informasi yang baik agar masyarakat bisa menjalankan kerjasama yang baik dalam melakukan hubungan yang baik supaya tidak ada ganguan yang merusak hubungan dalam masyarakat .untuk itu dalam mengembangkan suatu masalah harus mendirikan suatu informasi yang baik agar bisa menjalankan hubungan yang baik supaya dalam menjaga hubungan yang baik harus menjalankan brosur yang ada dalam informasi yang baik agar setiap ada kesalahan harus menjaga hubungan yang sempurna dalam informasi dalam promosi yang sekarang menjalankan hubungan yang baik .
Tujuan brosur
Dalam menjalankan brosur harus pakai informasi yang baik agar tidak ada kesalahan yang
diperbuat dengan media harus mempunyai latar belakang dari brosur adalah :
A.menjalankan informasi brosur dengan baik
B.menjadikan media yang sangat berpengalaman
C.menawarkan informasi pada media cetak
D.mejadikan brosur untuk masalah informasi brosur
Untuk menjalankan suatu informasi harus mengerakan kepada informasi yang harus mejalankan suatu masalah dalam brosur agar tidak ada kesalahan dalam media brosur untuk mendapatkan suatu informasi yang baik agar tidak ada kesalahan yang dibicarakan untuk media brosur tersebut .akan tercipta suatu hubungan yang baik dalam tujuan brosur tersebut maka dari itu dalam menjaga suatu hubungan harus menciptakan brosur yang baik .

Manfaat brosur
Dalam brosur harus menciptakan suatu kejelasan dalam brosur agar dalam menjalin hubungan dengan baik harus menjaga hubungan yang baik dalam informasi yang ada didalam hubungan yang baik agar tidak ada informasi yang baik dalam brosur agar tidak adanya suatu masalah yang serius dalam brosur tersebut .maka dari itu dalam menjalankan suatu brosur harus menciptakan hubungan yang baik dalam menerangkan suatu masalah yang baik agar tidak ada salah satu menjaga hubungan yang baik dalam manfaat brosur .untuk itu dalam menjalankan suatu masalah yang baik adalah suatu informasi yang baik dalam menerangkan suatu masalah yang ada dalam brosur tersebut .maka dari itu brosur harus menjalin suatu informasi yang baik agar tidak ada ketertarikan dalam brosur tersebut .agar dalam brosur tersebut harus mengembangkan informasi yang baik dalam brosur


Ukuran brosur
Pada ukuran brosur menciptakan hubungan yang baik dalam menjelaskan hubungan brosur yang ada pada ukuran brosur agar tidak ada kesalahan dalam informasi dalam menjelaskan hubungan yang baik agar dalam mengerakan dengan baik agar tercipta dengan sempurna dan baik dalam ukuran brosur supaya pada penulisan humas harus baik agar pada saat meneliti ukuran brosur harus menjelaskan suatu hubungan yang baik supaya tidak ada kesalahan dalam mengukur penulisan humas supaya hubungan brosur pada ukuran harus sama dan tidak ada salah dalam menentukan suatu ukuran brosur yang pasti dalam penantian hubungan yang baik agar tercipta suatu hubungan yang baik pada ukuran brosur supaya tidak ada kesalahan dalam menjelaskan suatu ukuran pada brosur agar terjalin dengan baik penulisan humas supaya tidak ada kesalahan yang ada pada ukuran brosur supaya bisa melakukan suatu hubungan brosur pada penulisan humas agar dengan baik supaya dalam meneliti suatu ukuran brosur harus terlihat dengan baik agar dapat dijelaskan dengan baik .











1.    Pengertian                                     3. Leaflet
Leaflet adalahs elembarkertas yang berisi tulisan cetak tentang sesuatu masalah khusus untuk suatu sasaran dengan tujuan tertentu .Leaflet juga diartikan sebagai salahsatu media yang menggunakan selembar kertas yang berisi tulisan cetak tentang suatu masalah khusus untuk sasaran yang dapat membaca dan biasanyan di sajikan dalam bentuk lipatan yang dipergunakan untuk penyampaian informasi atau penguat pesan yang disampaikan.

2.    Ciri-Ciri Leaflet
a.       Tulisan terdiri dari 200 ± 400 huruf dengan tulisan cetak biasanya juga diselingi gambar-gambar
b.      Isi leaflet harus dapat dibaca sekali pandang.
c.       Ukuran biasanya 20 ± 30 cm

3.    Penggunaan Leaflet
a.    Untuk mengingatkan kembali hal-hal yang pernah dipelajari
b.    Biasanya leaflet diberikan kepada sasaran setelah selesai pelajaran/penyuluhan ataudapat juga diberikan sewaktu kampanye untuk memperkuat ide yang disampaikan.
c.    Isi dari leaflet harus dimengerti

4.    Keuntungan Leaflet
-       Leaflet menarik untuk dilihat
-       Mudah untuk dimengerti
-       Merangsang imajinasi dalam pemahaman isi leaflet
-       Lebih ringkas dalam penyampaian isi informasi
5.    Kelemahan Leaflet
-       Salah dalam desain tidak akan menarik pembaca
-       Leaflet hanya untu dibagikan, tidak bisa di pajang/ ditempel

4. Kartu Ucapan dan Kartu Undangan

Kartu Ucapan  adalah kartu yang mengepresikan persahabatan atau perasaan yang lain.
Kartu ucapan biasanya diberi gambar dan tulisan yang menarik. Kartu ucapan diberikan untuk memberi perhatian kepada orang lain.

Kartu ucapan berupa :


1.      Birthday Card, diberikan pada saat seseorang berulang tahun.
2.      Thank You Card, diberikan untuk mengungkapkan rasa terima kasih.
3.      Get-Well Card, diberikan kepada seseorang yang sakit untuk mengungkapkan harapan agar lekas sembuh
4.      Congratulation Card, diberikan untuk mengucapkan selamat kepada seseorang.
5.      Holiday Card, diberikan kepada seseorang yang sedang berlibur.





Surat Undangan
Surat undangan adalah Surat yang berisi ajakan atau mengundang dari orang lain kepada sekelompok orang atau masyarakat umum . Surat udangan dapat di pakai untuk keperluan resmi/ setengah resmi atai tidak resmi 














5.      Piagam
piagam adalah surat  resmi yg berisi pernyataan pemberian hak, tanah, dsb atau berisi pernyataan dan peneguhan mengenai suatu hal  itu ditandatangani oleh Presiden  yang mengingatkan kita kepada  bukti sejarah masa lalu ijazah diploma kepala sekolah menyerahkan  kepada siswa yang lulus
memi
agamkan  menetapkan sesuatu dalam piagam adalah hal-hal yg menyalahi hukum Negara.


6.      Iklan media cetak
Dalam pengertian ini, media cetak yang dipakai untuk memasang iklan adalah surat kabar dan majalah. Dalam media ini dikenal jenis iklan baris, iklan display, dan iklan advetorial. Iklan baris adalah iklan yang pertama kali dikenal masyarakat. Umumnya hanya terdiri dari iklan lowongan pekerjaan; iklan penjualan rumah, mobil bekas, tanah, handphone; dan penawaran jasa tertentu. Iklan ini ukurannya kecil dan banyak mengandung singkatan tertentu.
Iklan display merupakan iklan yang paling dominan pada surat kabar maupun majalah. Ukurannya sangat bervariasi, biasanya minimal dua kolom, hingga maksimal satu halaman. Iklan advertorial adalah iklan yang ditulis dengan gaya editorial. Isi pesan dan gaya penulisannya lebih serius. Dalam modul ini yang menjadi fokus pembelajaran adalah iklan jenis display dan advertorial.
KARAKTERISTIK IKLAN MEDIA CETAK
Iklan di media cetak baik itu yang terdapat dalam surat kabar maupun majalah, memiliki karakteristik sebagai berikut.
1. tergolong praktis, cepat, dengan harga terjangkau
2. daya jangkau dan edar surat kabar dapat sampai pelosok. Perkembangan zaman telah menciptakan segmentasi, dan megidentifikasi surat kabar dan majalah menurut karakteritik sosial pendidikan pembacanya
3. peranan jenis huruf, ukuran, aspek lay out turut menentukan keberhasilan iklan
4. dapat bertahan, tidak satu kali lalu habis
Anatomi yang dipakai untuk eksekusi (produksi) iklan media cetak menurut Mardjadikara (2004: 25), sebagai berikut.

7.      Kalendermeja
Kalender Meja atau Desk Calendar merupakan salah satu jenis dari Kalender dimana fungsi kalender ini sebagai kalender yang ditaruh diatas meja kerja (umumnya).
Kalender Meja sering digunakan perusahaan sebagai salah satu media promosi dimana karena fungsinya sebagai penunjukan penanggalan juga terkadang ditambahkan note / catatan sebagai wadah/tempat memberikan informasi kecil bagi penguna.
Kalender Meja mempunyai 2 macam bentuk yaitu Potrait (dengan format berdiri) dan Landscape (dengan format tidur). Umumnya dalam kalender meja format penanggalannya dapat berupa bulanan ( satu bulanan ) atau dwiwulan ( dua bulanan ).




Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGATURAN MENGINDEKS

Peraturan Mengindeks Dalam sistem abjad, biasanya yang di indeks dan diberi kode adalah nama orang, perusahaan, instansi pemerintah serta organisasi/perhimpunan. Peraturan Mengindeks dan Memberi Kode Nama Orang , dibedakan atas: Peraturan mengindeks nama orang Indonesia a.1. Nama Tunggal, yaitu nama yang terdiri dari satu kata diindeks sebagai mana nama itu ditulis. Contoh: a.2. Nama Ganda, adalah nama yang terdiri dari lebih satu kata diindeks berdasarkan nama akhir. Contoh: a.3. Nama keluarga, suku dan marga. Nama orang yang diikuti nama keluarga (Jawa), atau nama suku/marga/kaum (Minang, Batak, dll) diindeks berdasarkan nama keluarga, suku, marga, dll Contoh: a.4. Nama yang memakai singkatan di depan atau di...

Penanganan Surat Masuk dengan sistem Kartu Kendali

Penanganan Surat Masuk Sistem Kartu Kendali Penanganan surat dapat di bedakan menjadi 2 macam yang pertama adalah penanganan surat sistem buku agenda , dan penanganan surat sistem kartu kendali. Berikut ini akan kita bahas mengenai penanganan sistem karu kendali. Penanganan surat sistem kartu kendali merupakan sistem pola baru, dimana sistem ini dikembangkan sejak tahun 1972, sebagai hasil penelitian yang diciptakan Arsip Nasional Ri (ANRI) bekerja sama dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN). Sistem ini banyak diterapkan di instansi pemerintah yang volume kegiatan persuratannya sangat banyak. Pengertian kartu kendali Kartu kendali adalah Lembar isian yang digunakan untuk pencatatan, penyampaian, dan penyimpanan surat yang sifatnya penting, sehingga bila surat diperlukan dapat dengan mudah ditemukan kembali. Pada system kartu kendali perlu dilakukan pengelompokan surat antara lain surat penting, surat rahasia dan surat biasa. Lembar kartu kendali terdiri atas 3 warna ...

Penanganan Surat Masuk Dengan sistem Buku Agenda

Penanganan Surat Masuk Sistem Buku Agenda Diposkan oleh pitli_bangettz on Sabtu, 10 November 2012 Penanganan surat adalah kegiatan pemrosesan surat yang dimulai dengan penerimaan surat masuk, kemudian penyelesaiannya sampai surat tersebut disimpan. Penanganan surat dapat dilakukan dengan 2 (dua) sistem, yaitu: 1. Sistem buku Agenda, yaitu sistem pengurusan surat dimana surat masuk dan surat keluar di catat ke dalam buku-buku. Dalam penanganan surat dengan sistem ini, setiap surat masuk dan surat keluar harus tercatat ke dalam buku agenda. Kemudian setiap pendistribusian surat, terlebih dahulu harus dicatat ke dalam buku ekspedisi. 2. Sistem Pola Baru/Modern, atau sistem kartu kendali. yaitu sistem pengurusan surat dimana surat masuk dan surat keluar di catat ke dalam kartu-kartu. 3. Sistem Takah Ada beberapa langkah penanganan surat masuk system buku agenda, diantaranya sebagai berikut 1. Penerimaan Semua surat masuk diterima dan dikumpulkan pada suatu bagian atau p...